Monday, June 1, 2015

Cara Menginstall CWM Evercoss A12

CWM adalah sejenis recovery mode yang mempunyai fitur yang lebih komplit daripada recovery bawaan Handheld dan sangat berguna bagi para users yang ingin sekedar memback up stock rom bawaan pabrik atau bahkan untuk pengguna yang mempunyai keinginan untuk merubah stock rom menjadi custom rom. Sebetulnya recovery mode bukan hanya CWM saja seperti TWRP dan philz. Oleh karena saya sendiri baru menggunakan recovery mode CWM saja dan belum berani menggunakan recovery lain (saya newbie berhati hati), maka kita lewati saja dua recovery selain ClockWorkMod yang telah saya bahas sebelumnya.

Penginstallan recovery mode dibutuhkan keberanian, kejelian, dan kesabaran. Karena resiko dari kesalahan penginstallan recovery mode cukup besar. Resiko bisa terjadi kerusakan pada hardware seperti rusaknya touchscreen yang belum tentu dengan penggantian tocuhscreen dapat mengembalikan kondisi HH bisa kembali. Karena recovery.img yang tidak cocok dengan HH yang sudah terlanjur terinstall didalam sistem dan user itu sendiri belum sempat mengganti recovery.img yang cocok.



Cara mengecek kernel Setting >> About Phone


Kekurangan CWM

- Masih non touch (membutuhkan tombol power, vol up, vol down).
- Installasi pada playstore tidak terjadi kecocokan pada HH.
- Butuh installasi manual berbentuk recovery.img (bukan apk).
- Membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga seperti rashr

Catatan : kekurangan dari baris kedua sampai keempat bisa saja terjadi hanya pada HH evercoss A12.

Pra Installasi

- Pastikan anda memeriksa kernel terlebih dahulu yang terdapat pada Handheld.
- Download APK pendukung penginstallan recovery.img (mobileuncle.apk/rashr.apk) saya sendiri memakai rashr.apk Namun perlu diingat bila masih ada perasaan ragu jangan buka aplikasi tersebut.
- Download recovery.img lalu simpan di sdcard tepat diluar folder.

Tahap Installasi

- Buka rash - Pilih menu "I know the Risk" pada menu pop up
- Tekan pilihan flash recovery dan masukan recovery.img yang telah tersimpan pada sdcard
- Selesai cwm terintsall - Matikan HH dan tekan tombol pow + vol up secara bersamaan untuk memasuki recovery mode.

 "Saya sendiri telah berhasil melakukan penginstallan dengan recovery.img 2014 karena HH memiliki spesifikasi kernel 2014"

Perhatian

- Handheld Evercoss A12 sudah root, rekomendasi gunakan framaroot.
- Jangan memaksakan installasi bila masih ragu
- Bila sudah yakin jangan terlalu terburu - buru, karena saya sendiri membutuhkan waktu kurang dari sebulan untuk mengambil keputusan. Dalam hal modifikasi yang mengandung resiko cukup besar tidak ada istilah biar cepat lebih baik tapi terapkan istilah biar lambat asal selamat.
- Jangan melemparkan kesalahan yang telah anda buat kepada saya karena kurang hati hatinya anda dalam penginstallan dan kurang jelinya anda dalam hal membaca.
- Hanya untuk kernel 2014
- Handheld sepenuhnya milik anda begitupun resikonya.
- Salam olah raga.

0 comments:

Post a Comment