Sunday, May 24, 2015

Biodata Lengkap Uchiha Obito

Uchiha Obito (うちはオビト) adalah anggota dari klan Uchiha Konohagakure. Dia diyakini telah tewas selama Perang Dunia Shinobi Ketiga, dia mewariskan salah satu mata kiri sharingan yang telah dia bangkitkan kepada rekan satu timnya, Hatake Kakashi. Akan tetapi kejadian sebenarnya, Obito tidak tewas tertimpa reruntuhan batu namun telah berhasil diselamatkan oleh Madara untuk kemudian dimanfaatkan sebagai penerus rencana madara dengan menggunakan topeng dan nama samaran Tobi dan kemudian mengklaim bahwa dia adalah Uchiha Madara, Obito memanipulasi Akatsuki dari bayang-bayang untuk melanjutkan rencananya dia mengendalikan Nagato sebagai pemimpin akatsuki dan juga sempat mengendalikan mizukage ke-4 untuk memanipulasi desa kirigakure, setelah beberapa saat lamanya ada dibalik akatsuki akhirnya dia muncul dan memulai Perang Dunia Shinobi Keempat. Di akhir perang dia memiliki perubahan hati bahwa apa yang telah obito lakukan ternyata salah dan akhirnya dia sendiri mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan dunia dengan cara menyelamatkan Naruto dan meneruskan impiannya sebagai Hokage.


Latar Belakang

Obito dibesarkan tanpa Mengetahui siapa orang tuanya, Sehingga mendorong dia mempunyai impian suatu hari nanti akan menjadi Hokage agar masyarakat desa akan mengakui keberadaannya. Untuk itu ia mendaftarkan diri di Konoha Ninja Academi, tapi dia datang terlambat untuk upacara seremoni. Sementara sebagian besar teman sekelasnya mengabaikan Obito, akan tetapi dia disambut hangat oleh Rin sembari memberikan proposal pendaftaran untuk mendaftarkan diri sebagai shinobi. Berbeda dengan teman kelas yang lain, Hatake Kakashi memarahi Obito untuk kebiasaan buruknya dalam hal keterlambatan dan ini akan terus menjadi kebiasaan Obito di Akademi. Meskipun Obito lebih banyak berusaha untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari Kakashi, Namun hasil yang selalu didapat bisa dibilang nol besar. Setelah akhirnya lulus beberapa tahun kemudian, Obito, Rin, dan Kakashi ditempatkan di tim di bawah kepemimpinan Namikaze Minato.

Sebagai tes kualifikasi terakhir, Minato memberikan ujian berupa tes mengambil lonceng di mana mereka akan mengambil lonceng dari dirinya. Obito tidak bisa melakukannya sendiri kecuali dengan bekerjasama dengan Rin dan Kakashi, mereka pun berhasil mengambil lonceng dari Minato. Hal ini mengajarkan Obito bahwa melakukan kerjasama tim akan lebih besar mendapatkan hasil daripada kekuatan individu. Tim Minato kemudian berpartisipasi dalam Ujian Chunin, di mana Obito dikalahkan dengan mudah dalam putaran ketiga dalam pertandingan satu lawan satu dengan Might Guy. Kakashi berhasil mengalahkan Guy dalam pertandingan berikutnya, mempromosikan dirinya menjadi Chunin dan membuat Rin terkesan. Bersemangat untuk mendapatkan perhatian lebih dari Rin, Obito melatih dirinya terus-menerus sampai dia berhasil menjadi seorang Chunin. Kegembiraannya hanya sesaat ketika mendengar Kakashi menjadi Jōnin dengan mudah, sekali lagi mendapatkan pujian Rin dan rasa iri Obito semakin meningkat.

Selamat Dari Kematian

Pada kenyataannya Obito telah diselamatkan oleh orang tua (Uchiha Madara). Dia membawa Obito ke Makam Pegunungan dan merawat luka - lukanya, menghilangkan bagian-bagian tubuh yang terlalu rusak untuk disembuhkan. Secara ajaib Sharingan Obito tetap bertahan utuh. Meski awalnya takut dengan Madara, Obito merasa berhutang budi kepadanya karena telah menyelamatkan hidupnya dari kematian dan bersedia untuk memberikan bantuan apapun yang dia bisa. Obito memulai proses rehabilitasi yang panjang, ingin segera memulihkan diri untuk kembali ke Konoha dan membantu teman-temannya dan desa karena perang masih berlangsung. Dia menerima lengan baru selama di makam pegunungan, yang ia ketahui lengan tersebut merupakan transplantasi dari zetsu putih. Selama memulihkan diri dengan bantuan zetsu putih dan Zetsu Spiral yang ia juluki Guruguru, Obito membayangkan bagaimana masa lalunya ketika dia bersama dengan Kakashi, Rin serta Minato. Sementara itu Madara memberitahu Obito tentang kenyataan yang keras tentang dunia dan berencana untuk menyelamatkan dunia dari konflik yang rumit, Obito sendiri menganggap hal tersebut tidak masuk akal

Selama proses akhir masa penyembuhan nya zetsu putih memberitahu Obito bahwa Kakashi dan Rin yang lain sedang terkepung oleh ninja Kirigakure. Dalam keadaan tubuh yang belum baik secara total Obito bersikeras untuk membantu mereka kemudian Guruguru menawarkan untuk membantu dengan dengan membungkus Obito dengan tubuhnya. Sebelum pergi Obito berterima kasih kepada Madara untuk semua bantuan yang telah dia berikan, tapi Madara mengatakan bahwa Obito akan kembali. Madara menjelaskan keyakinannya bahwa Obito akan kembali kepadanya. Guruguru mengarahkan dimana lokasi RIn dan Kakashi dan dalam perjalanan Guruguru memberitahukan ketidakhadiran Minato. Ketika mereka tiba dilokasi mereka melihat Rin dan Kakashi dikelilingi oleh ninja kirigakure dan melihat tubuh Rin tertembus oleh Chidori Kakashi. Kematian Rin menyebabkan masing-masing Sharingan mereka tumbuh menjadi Mangekyo Sharingan, sebuah proses yang juga menyebabkan Kakashi pingsan. Marah dengan apa yang telah terjadi, Obito menggunakan kombinasi Mangekyo Sharingan Kamui dan elemen kayu dari dalam tubuh Guru Guru untuk menghabisi seluruh ninja Kirigakure. Ketika mereka semua mati Obito memeluk tubuh Rin yang sudah tidak bernyawa dan mengabaikan Kakashi yang masih belum sadar.

Kepribadian

Karena ia adalah seorang yatim piatu yang dibesarkan sendirian tanpa cinta dan kasih sayang dari orang tua, Obito mempunyai sebuah mimpi menjadi hokage dan ingin diakui keberadaannya. Hal ini memotivasi dirinya untuk menjadi seorang ninja sehingga dia bisa menjadi Hokage dan seluruh penduduk desa mengenalinya. Sebagai salah satu perbuatan baik dari obito adalah sering membantu nenek - nenek yang sedang kesusahan, sehingga rin menyebut obito sebagai orang yang populer dikalangan nenek - nenek. Ketika Rin mengakui keberadaan dirinya dan meyakini Obito menjadi Hokage suatu saat nanti, Obito jatuh cinta kepada Rin dan bertujuan untuk mendapatkan cintanya selain untuk mendapatkan gelar Hokage. Tapi kehadiran Kakashi, baik di dalam kelas maupun jadi bagian tim mereka, menjadi dinding penghalang bagi Obito dengan alasan Kakashi lebih mempunyai bakat alami daripada dirinya dan memiliki tingkat kejeniusan yang tinggi tanpa berusaha, sehingga lebih memudahkan untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang Rin. Meskipun Obito baik dan memiliki tingkat kepedulian yang sangat tinggi kepada teman-teman satu tim dan rekan satu kelas, Obito tetap membentuk persaingan satu pihak dengan Kakashi. Ketika tidak dalam persaingan dengan Kakashi, Obito acapkali melakukan perbuatan baik di sekitar Konoha, terutama untuk membantu orang tua yang sedang kesusahan yang pada membuatnya seringkali terlambat. Rasa kepedulian yang sangat tinggi Obito dan sisi optimisme tersebut digunakan madara untuk merusak pola pikir Obito.

Setelah kematian Rin tekad dan idealisme Obito berubah total. Dia menjadi lebih tenang dan fokus, tidak lagi peduli tentang desanya, teman-temannya, atau bahkan namanya, dia menganggap semuan menjadi bagian berharga dari dunia menyedihkan yang telah memaksa Rin mati. Komitmennya mensukseskan rencana mata bulan madara dan dunia baru yang damai dimana dunia yang ia impikan tidak adanya rasa sakit, kejahatan, kematian dan sistem yang rusak, setiap pembunuhan yang dia lakukan tanpa keraguan karena orang yang hidup dan mati bagi dia akan bertemu kembali didalam dunia yang akan obito ciptakan. Seperti yang telah madara ajarkan kepadanya, Obito akan mendapatkan sekutu dengan memanfaatkan kegelapan di dalam hati mereka dan memanipulasi mereka, baik merusak dengan cara sehalus mungkin agar mereka yakin bahwa apa yang dia katakan tidaklah mustahil. Hal ini berhasil dengan keberadaan Akatsuki, anggotanya percaya organisasi akan melanjutkan tujuan dan keinginan mereka walaupun dalam kenyataannya mereka adalah alat belaka yang telah Obito rencanakan.

Perang Dunia Shinobi Keempat

Setelah kendali Obito atas mayat jinchuriki telah berakhir karena Uchiha Itachi telah berhasil mengalahkan Kabuto dan melepas jutsu edo tensei. Kini pertarungan pun berlanjut menyisakan Obito sendirian melawan Naruto yang dibantu oleh Kakashi, Gai, Killer-B dan juga Hachibi. Serangan mereka hampa hanya bisa menembus tubuh Obito tanpa bisa melukainya. Kakashi mulai curiga dengan jutsu yang digunakan oleh pria bertopeng tersebut sama dengan kamui miliknya. Kakashi pun melakukan percobaan ketika Obito yang masih mengenakan topeng mengirimkan tubuhnya ke dimensi lain berbarengan dengan kakashi mengirimkan Rasengan Naruto ke dimensi lain sehingga lengan kanan obito berhasil dilukai.

Mengetahui Rasengan telah berhasil mengenai sasaran, kakashi pun bertanya pada "Madara" darimana dia mendapatkan mata yang sama dengan dirinya. Obito yang masih belum terungkap identitasnya menjawab jika membahas soal pertarungan Kannabi ketika Kakashi mendapatkan kamui dan gelar sebagai pahlawan sharingan, obito pun mendapatkan kamui disana. Jawaban tersebut membuat Kakashi berkeringat dingin dan mulai menebak-nebak apakah dia Obito. Kakashi pun mengirimkan rasengan kembali dan Obito sudah dapat menebaknya yang sebenarnya bukan hanya rasengan naruto yang ia kirim, melainkan bunshin naruto yang sudah siap dengan rasengan dan berhasil menghancurkan topeng tobi. Maka terkuaklah identitas tobi aka madara yang sebenarnya Obito.

Obito yang telah kalah oleh Naruto dengan bantuan teman-temannya menarik semua biju yang berada dalam tubuhnya, namun masih bisa belum percaya bahwa Naruto akan berhasil dan akan menjadi orang yang gagal seperti dirinya, tapi kakashi meyakinkan Obito bahwa orang yang tidak menyerah berjuang untuk melindungi teman-temannya dan tidak menyerah dengan kehidupan nyata, akhirnya tersadarkan dan berusaha menebus segala apa yang telah dilakukannya dengan menghidupkan kembali orang-orang yang telah tewas dimedan perang maupun orang telah ia bunuh sebelumnya melalui rinne tense no jutsu. Akan tetapi usaha ini berhasil digagalkan oleh zetsu hitam yang mengambil alih tubuh Obito dengan mengalihkan jutsu rinne ke madara.

Obito menghianati Madara
Tubuh Obito yang telah hampir dikuasai oleh zetsu hitam sepenuhnya dan masih memiliki sedikit kesadaran melawan Kakashi dan Minato untuk menyerahkan rinnegan kiri kepada Madara, mengetahui hal ini obito memerintahkan kakashi agar segera menghancurkan mata kririnya, tidak berapa lama kesadaran obito hilang sehingga memungkinkan bagi black zetsu untuk mencuri dark kurama yang sedang ditransfer oleh Minato kepada Naruto. Setelah berhasil mencuri kyubi, madara memutuskan untuk mendatangi kuro zetsu agar menyerahkan rinnegan, namun obito berhasil melawan dan bertanya pada madara apa artinya aku  bagi dirimu. Obito yang tidak puas dengan jawaban madara dan menilai jawaban Naruto lebih masuk akal karena memberikan tugas untuk mempercayakan kepada rekan jauh berbeda dengan menggunakan nama orang untuk menjalani suatu tugas. Karena ini obito menemukan jati dirinya yang dulu telah hilang menjadi "madara" dan kembali menjadi uchiha obito yang berhasrat menjadi hokage sekaligus menghianati madara dengan menusuk dan mencuri potongan chakra ichibi dan hachibi.

Penampilan

Pada saat masih kecil Uchiha Obito memiliki mata hitam dan rambut hitam pendek runcing. Dia mengenakan seragam panjang dengan lengan berwarna biru dan jaket biru dengan kerah orange dan sedikit hiasan. Jaket itu diikat ke seluruh pakaian dengan dua kancing yang terdapat di kerah baju dan memiliki simbol klan Uchiha bagian belakang. Dia juga mengenakan sabuk putih, sandal shinobi standar konoha, pelindung dahi, dan sepasang kacamata dengan lensa oranye terhubung ke pelindung telinga. Bagian kanan wajahnya yang tersisa terdapat bekas luka menyerupai keriput setelah peristiwa yang terjadi ketika bertarung dengan ninja Iwagakure. Selama masa rehabilitasi rambutnya telah tumbuh menyerupai rambut Madara, dan selama bertahun tahun dia mengembalikan mode rambutnya seperti pada saat dia masih kecil.

Setelah bertransformasi menjadi jubi jinchuriki keseluruhan rambut Obito memutih, begitupun dengan seluruh permukaan kulitnya. Ketika Obito berhasil mengontrol jubi secara sempurna, dia kembali bertransformasi dalam bentuk berbeda. Sepuluh tanduk yang berada dibagian belakang punggungnya berubah menyerupai mantel yang melingkupi seluruh bagian tubuhnya. Dua tanduk tumbuh pada dahinya, tanduk kiri lebih kecil daripada tanduk kanan dan terdapat 6 magatama melingkupi daerah dadanya.

Selama bertarung dengan Naruto, obito sempat membayangkan bagaimana bila dia tetap menjadi shinobi konoha dengan menggunakan baju Uchiha dengan baju standar konoha namun memodifikasi bagian ikat kepala untuk menutupi soket mata yang telah kosong. Selain itu Obito juga membayangkan bahwa kalau dia tidak berubah dia bisa saja menjadi Hokage. Dan timbul keraguan terhadap dirinya apakah ini merupakan jalan yang benar atau jalan salah yang telah ia ambil.

Serangan Otsutsuki Kaguya

Gambar Kematian Obito
Setelah Madara berhasil merampas sharingan Kakashi dengan mengembalikan sharingan kiri Obito, dia bersama Sakura telah berhasil menyelamatkan Sasuke dari dunia dimensi ciptaan Kaguya dengan jurus kedua mata kamui. Dia kembali bersama Sasuke dan Sakura untuk membantu Naruto yang terlihat sangat kesulitan untuk melawan Kaguya seorang diri. Kaguya pun menggunakan teknik jurus gravitasi agar Sasuke dan Naruto tertarik menempel ditanah. Kaguya pun meluncurkan tulang dari tangannya dengan tujuan menusuk Sasuke dan Naruto. Mengetahui hal ini Kakashi dan Obito mencoba melindungi mereka dengan menjadikan tubuh mereka sebagai perisai terakhir. Akan tetapi Obito melakukan jutsu pada mata kirinya sehingga tulang yang meluncur menuju Kakashi dia kirim ke dimensi lain. Sehingga tulang yang meluncur pada dirinya berhasil menusuk tubuh Obito. Saat terakhirnya Obito berpesan pada Naruto agar tidak berubah seperti dirinya dan meneruskan cita - citanya menjadi Hokage.

Biodata

Nama Lengkap Uchiha Obito
Klan
Uchiha
Tanggal lahir 10 Februari
Umur 29 - 31
Status Meninggal
Tinggi badan 175 cm
Berat badan 52.2 kg
Golongan darah O
Partner Zetsu
Deidara
Uchiha Madara
Kekkei Genkai
Sharingan
Mangekyou Sharingan
Rinnegan
Wood Release
Affiliasi
Konohagakure
Akatsuki
Kirigakure
Tim Tim Minato
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment