Tuesday, June 2, 2015

Cara Mengganti Boot IMG Android

Mengganti boot.img sangat diperlukan bagi para users yang sering mengonta - ganti custom rom, pergantian boot.img untuk penginstallan custom rom sangat diperlukan karena setiap orang pasti punya selera pada custom rom yang user sendiri belum tahu apakah rom tersebut memiliki spesifikasi kernel yang sama atau berbeda dengan handheld yang kita punya. Bahkan kernel yang sama sekalipun bila user masih memiliki keraguan dengan boot.img bawaan custom rom akan lebih baik menganti boot.img asli bawaan stock rom yang telah terback up sebelumnya.

Melakukan pergantian boot.img bisa dilakukan melalui pc maupun HH, namun tutorial ini hanya akan memaparkan cara pergantian boot.img melalui komputer saja. Karena sdcard yang saya punya hanya memiliki kapasitas sekitar 2gb saja, masalah tidak cukupnya untuk melakukan tahap pergantian boot.img karena memerlukan hal pengekstarakan yang tentu hasil dari pengekstrakan tersebut ditambah rom yang berbentuk zip akan memenuhi sdcard.

Biasanya langkah pengekstrakan melaului pc maupun handheld tidak jauh berbeda, hanya terletak pada proses yang lebih memakan waktu karena hasil back up-an stock rom yang anda punya harus anda copy lebih dulu dan simpan pada Harddisk komputer. Proses copy dan move sangat berbeda, copy berarti menggandakan file sedangkan move memindahkan file dengan menghapus file. Jika anda merasa sudah tidak membutuhkan stock rom tersimpan dalam sdcard baiknya anda melakukan tindakan move saja

Proses Pemindahan


- Buat Folder kosong (hanya untuk memudahkan pengelompokan file).
- Ekstrak custom rom yang akan anda ganti boot.img pada folder kosong yang sudah anda buat (atau bila anda merasa pengekstrakan merepotkan cukup drag dan drop boot.img stock pada custom tanpa mengekstrak).
- Hapus atau timpa boot.img custom oleh stock rom (Saya menganggap anda sudah memback up stock rom pada pc dan bila anda tidak rubah folder hasil bekapan anda bernama tanggal-bulan-tahun bekapan.
 - Zip kan kembali (Periksa kembali siapa tahu anda malah membuat file rar). - Selesai dan custom rom siap diinstall.

Lihat perbedaan boot.img


Bila anda masih bingung apakah langkah yang sudah anda buat berhasil atau tidak silahkan perhatikan gambar screenshots antara perbedaan ukuran custom rom dengan kernel 2013 dan 2014. Screenshots saya ambil dari custom rom rainbowOs v2 samsung kitkat.



Perhatian


Bila anda kisanak dan nyisanak tidak memahami tutorial yang saya buat, saya mohon maaf dari lubuk hati yang terdalam karena faktor ini sangat penting dipahami dan kalau terjadi kesalahan sedikit saja custom rom yang akan anda install akan menjadi bootloop dan apabila anda tidak melakukan back up terlebih dahulu akan terjadi kesulitan dengan cara flash yang saya sendiri belum belajar masalah flash. Maka dari itu du wit yur owen resk (Do with your own risk and I don't want to be blamed, I'm not taking any shiwuits in case your smartphone become tv remote)

0 comments:

Post a Comment